Dongkrak Potensi Wisata Lokal, Dua Dosen Unigal Ciptakan “Waterbike” Inovasi Sepeda Air

oleh -29 views

SOSBUD — Sebagai upaya mendongkrak potensi wisata lokal, dua dosen Universitas Galuh (Unigal) Ciamis melakukan pelatihan pembuatan sepeda air (water bike) pada (6 /09) di kawasan Situ Rancabunar Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, .

Pelatihan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat Universitas Galuh, dimana dosen yang melakukan pengabdian tersebut Mujaddid Faruk, SE, MM. dan Zenal Abidin, ST, MT.

Zenal Abidin, ST, MT dosen Fakultas Teknik Unigal mengatakan keunggulan dari Waterbike merupakan permainan baru yang akan disuguhkan di Situ Rancabunar, warna yang lebih cerah untuk menarik minat pengunjung yang melihat.

“cara kerja Sepeda air ini cukup mudah dengan di dikayuh, begitu saat maju ke depan dan pada waktu berbelok tinggal mengarahkan stang sepeda. Pemakai juga nyaman saat memakainya, dan lebih menyehatkan badan karena dikayuh seperti bersepeda,” Papar Abid

Dalam kesempatan sama, Mujaddid Faruk mengatakan dalam pelatihan tersebut materi yang disampaikannya berupa pelatihan pembuatan sepeda air dan penyuluhan tentang cara pemanfaatan potensi wisata, dan pengelolaan tempat wisata sehingga mendatangkan keuntungan.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini diharapkan situ Rancabunar menjadi destinasi wisata baru, dengan berbagai bentuk event wisata, seperti car free day, pasar terapung, dan sarana olahraga dan rekreasi, sehingga diharapkan mampu memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar, dan menambah keuntungan bagi bumdes, ” Ungkap Mujaddid

Dalam pelatihan tersebut tampak hadir  BPD ,  BUMDES, beberapa Tokoh Masyarakat dan masyarakat disekitar lokasi  Rancabunar, Desa Bojongmengger.
*Man