Gemarikan Terus Digelorakan Disnakan Ciamis

oleh -6 views

SOSBUD — Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) terus digelorakan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) kabupaten Ciamis, kali ini diselenggarakan di RA Ar Rohman Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg, Selasa, (10/03/2020).

Kepala Disnakan Ciamis, Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si mengatakan, acara hari ini diikuti anak-anak dari RA Ar Rohman, RA Safinatunnazah dan RA Al Hidayah. Dan menggandeng Dharma Wanita Persatuan Disnakan untuk penyelenggaraaan acara.

Kegiatan tersebut diisi sosialisasi dan game menempel kertas origami puzzel Ikan, “Tujuannya melatih kesabaran, ketelitian dan kreatifitas anak, ” kata Syarif

Dikatakan Syarif, Gemarikan merupakan bagian dari program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat, khususnya anak PAUD, TK dan orang tua siswa tentang manfaat ikan sejak usia dini. Juga bisa mengurangi permasalahan balita gagal tumbuh (stunting) dan kurang gizi.

“Objek sosialisasi ini anak TK dan PAUD, sebab anak-anak usia dini rentang 0-8 tahun disebut masa Golden Age atau usia emas, di fase inilah 80% proses kecerdasan terbentuk, baik fisik maupun otak anak, ” kata Syarif.

Diharapkannya, Gemarikan ini dapat mendongkrak Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Ciamis, yang relevan dengan peningkatan produktivitas masyarakat, sehingga masyarakat gemar mengkomsumsi ikan sebagai menu utama sehari-hari.

“Sekarang ini pengetahuan akan nutrisi sehat dan berimbang sangat diperlukan, terutama untuk ibu rumah tangga dalam mengkreasikan menu keluarga sehari-hari termasuk ikan, ” katanya

Ikan dapat diolah menjadi hidangan menarik melalui diversifikasi olahan, seperti sosis, bakso, nugget dan abon tanpa mengabaikan mutu dan higienis serta dengan memperhatikan komposisi gizi yang sehat dan berimbang.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini, dapat menambah pengetahuan mengenai manfaat gizi ikan bagi anak, guru dan orang tua siswa, guna mendukung pencapaian visi Ciamis, yaitu mantapnya kemandirian perekonomian sejahtera untuk semua” Tandas Syarif. *Maman Nurjaman