CIAMIS – Pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Ciamis berlangsung di Gedung Islamic Center, Jl. Mr. Iwa Kusuma Somantri, Minggu (7/6/2019). Kloter 08 JKS dari Kabupaten Ciamis berjumlah 402 jemaah ditambah dengan 6 petugas.

Ketua Penyelenggara, Drs. KH. Agus Abdul Kholik, menuturkan dari 408 orang itu, jemaah termuda, Zamzam (20), sedangkan yang tertua berusia 82 tahun asal Kec Baregbeg.

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya MM, mengucapkan selamat kepada para calon haji, mengantarkan dengan doa, semoga menjadi haji yang makbul dan mabrur.

“Mental dan pengetahuan sudah dipersiapkan, dibimbing Kemenag Kab Ciamis. Pelaksanaan haji perlu penyiapan fisik, mental, dan spiritual. Semoga bekal yang kita siapkan lancar. Saatnya kita mantapkan niat dan tekad, titipkan semua harta kita secara ikhlas. Niatkan ibadah karena Allah Swt. Ikuti petunjuk yang telah ditentukan,” katanya.

Bupati memandaska untuk menghindari perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertengkaran. Cuaca Haji ditanah suci sangat ekstrim dengan tiupan angin yang kencang, Ibadah haji adalah cukup melelahkan, lebih banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi, saya doakan selamat dan kembali berkumpul dengan keluarga.

Acara pelepasan diakhiri dengan doa penutup oleh Ketua MUI Kab Ciamis, Drs. KH Ahmad Hidayat SH.

Jurnalis warga dalam jaringan melaporkan tampak hadir pula, Ketua DPRD Kab Ciamis, Nanang Permana SH, Dandim 0613/Ciamis diwakili oleh Pasiops Kodim 0613/Ciamis (Kapten Czi Harnedi), Kapolres Ciamis (AKBP Bismo Teguh Prakoso SH S.IK MH), Asda 1 Pemkab Ciamis (Drs H Adang Darajat), Asda 2 Pemkab Ciamis (DR H Wasdi Ijudin M.Si), Kepala Kemenag Kab Ciamis (Drs KH Agus Abdul Kholik), Kejari Ciamis (Sri Respatini SH M.Hum/Ikut berangkat Jemaah Haji Ciamis), Ketua DMI Kab Ciamis (DR H Wawan AS Arifin MM), Pasi Intel Kodim 0613/Ciamis (Lettu Inf Wawan RS), Kasatbinmas Polres Ciamis (AKP Firman), Kabag Kesra Pemkab Ciamis (Bpk Bambang), Ketua Baznas Kab Ciamis (Drs KH Aep Saeful Uyun), Ketua GOW dan Ketua PKK Kab Ciamis, Kasi Kemenag Kab Ciamis dan Staf, Pengurus KBIH dan PPIH Kab Ciamis, dan keluarga jemaah calon haji yang mengantar. (SG)