Patriot Desa Banjaranyar, Kenalkan Teknologi SAMS di Kampung Madu

oleh -4 views

Sosmed — Aktivitas Kampung Madu Desa Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, kini mulai menggeliat. Hal itu atas dukungan berbagai pihak, salahsatunya berkat Patriot Desa yang terus membantu masyarakat untuk menggali potensi di wilayah desa tersebut, khususnya dalam dunia lebah.

Fajar Imani (Korwil Patriot Desa Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis) mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan agar Desa Banjaranyar semakin maju.

“Salahsatunya dengan melakukan kolaborasi antara patriot desa, smart apriculture management services (SAMS), Labtek Indie dan Unpad dengan menyelenggarakan sosialisasi teknologi Smart Apiculture Management Services (SAMS) kepada para petani lebah di Aula Kantor Desa Banjaranyar, pada (13/10/2020) lalu, ” Ungkap Fajar

Dikatakan Fajar, dengan adanya sosialisasi SAMS ini, pengetahuan masyarakat akan ternak lebah semakin meningkat. Juga diharapkan dapat menjembatani aspek teknologi, teknis budidaya, manajemen budidaya hingga pengembangan bisnis menjadi produk turunan.

Sementara itu Supriadi, S.T Pjs Kepala Desa Banjaranyar mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya sosialisasi ini,
“Semoga ilmunya bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi kelompok Tani Hutan Bina Lestari yang ada di Desa kami, dan penghasilannya meningkat, ” Ungkap Supriadi

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Lestari, Benyamin merasa terbantu dengan adanya sosialisasi SAMS ini, dirinya berharap bisa segera mengaplikasikan SAMS di Banjaranyar.

“Mudah-mudahan setelah memakai teknologi SAMS madu yang dihasilkan maksimal, dan tentunya bisa sesuai standar,” Ujar Bunyamin

Dikesempatan itu, hadir pula Wahyudin, S. Sos. M. M, Sekertaris DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Provinsi Jawa Barat dan mengapresiasi atas kegiatan itu, ia mengatakan bahwa SAMS ini bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat.

“Selain untuk ekonomi masyarakat, kegiatan bertani lebah ini bisa jadi budaya masyarakat. Desa Banjaranyar juga banyak potensi yang belum digali sehingga nanti bisa dibantu untuk pengembangannya,” Papar Wahyudin.

Dikatakan Wahyudin, bahwa Pemerintah Provinsi siap membantu para petani lebah di Desa Banjaranyar, salah satunya melalui bantuan kepada BUMDES Banjaranyar.*Man