BANDUNG BARAT – Pengawas di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Tangkuban Parahu, Ilham menuturkan kesimpulan hasil analisis data visual dan instrumental serta potensi ancaman bahayanya sampai hari Minggu tanggal 28 Juli 2019 pukul 19.00 Wib tingkat aktivitas Gn. Tangkuban Parahu masih dalam Level I (Normal).

“Tremor menerus 0,5 s.d. 1,5 mili dengan dominan 1 mili (bisa dikatakan NORMAL) dan tingkat aktivitas Gn. Tangkuban Parahu dapat di evaluasi kembali sesuai dengan adanya potensi perubahan tingkat ancaman/bahaya aktivitas vulkanik,” katanya.

PVMBG Pos Tangkuban Parahu merekomendasi untuk masyarakat di sekitar Tangkubanparahu, pengunjung dan wisatawan untuk tidak mendekati bibir kawah dengan radius 500 MeterĀ  untuk mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik.

Jurnalis warga dalam jaringan melaporkan, sampai saat ini situasi masih kondusif, lokasi masih tertutup untuk umum karena dalam rangka pembersihan jalan dari abu vulkanik yang bisa menimbulkan kecelakaan bagi pengendara kendaraan mobil dan motor. (SG)