SOSBUD

Disnakan Ciamis: Sosialisasikan Makan Ikan Sejak Dini

Kegiatan sosialisasi Gemarikan di laksanakan di 4 titik, kali ini Disnakan Ciamis mengunjungi TK Kartika Ciamis

SOSBUD — Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) kabupaten Ciamis, menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di 4 titik, hari ini di TK Kartika, Kamis (20/04/2020).

Kepala Disnakan Ciamis, Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si mengatakan, Gemarikan merupakan bagian dari program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat, khususnya anak PAUD, TK dan orang tua siswa tentang manfaat ikan sejak usia dini.

“Objek sosialisasi ini anak TK dan PAUD, sebab anak-anak usia dini rentang 0-8 tahun disebut masa Golden Age atau usia emas, di fase inilah 80% proses kecerdasan terbentuk, baik fisik maupun otak anak, ” kata Syarif.

Dikatakannya, dari Gemarikan ini diharapkan dapat mendongkrak Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Ciamis, yang relevan dengan peningkatan produktivitas masyarakat, sehingga masyarakat gemar mengkomsumsi ikan sebagai menu utama sehari-hari.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini, dapat menambah pengetahuan mengenai manfaat gizi ikan bagi anak, guru dan orang tua siswa, guna mendukung pencapaian visi Ciamis, yaitu mantapnya kemandirian perekonomian sejahtera untuk semua, “Kata Syarif

“Masyarakat bisa sejahtera apabila anak tumbuh sehat, kuat, cerdas, salah satunya dengan mengkomsumsi ikan, ” pungkas Syarif

Hal senada diungkapkan ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Herdiat bahwa kalau makan ikan itu enak, mudah didapat, harganya murah dan baik untuk kesehatan kita.

“Kelebihan makan ikan kandungan gizi ikan ada asam lemak yang tidak jenuh, penyerapan lebih tinggi dari pada daging, ini sangat penting untuk perkembangan sel-sel otak, biar anak jadi pintar, ” ungkap Kania

Kania berpesan pada para orang tua, agar menu makanan di meja harus diperhatikan, satu minggu sekali di meja harus ada ikan, biar gizi anak kita bagus.

Kania berharap info gemarikan ini harus disebar luaskan lagi, “Tidak hanya orang tua yang kali ini hadir saja, tapi bisa disebarkan lagi ke tetangga, saudara-sadara kita, dan yang lainya, ” pungkas Kania yang juga ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis*

Pewarta ; Maman Nurjaman

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Laman ini didedikasikan untuk warga net mengedepankan kedekatan. Terbuka untuk terlibat menuangkan gagasan ke dalam tulisan dan mewartakan aktivitas lapangan sejalan dengan kaidah jurnalistik.

SIlakan bergabung.

Copyright © 2019 | MVP

To Top