CIAMIS – Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Ciamis, kembali mengadakan kemah literasi, bertempat di Taman Baca Masyarakat (TBM) Bumi Nurani Camp (BNC), Cijeunjing, Sabtu (14/09/19).

Kegiatan yang diselenggarakan ini, disambut baik oleh para pegiat literasi di Kabupaten Ciamis. Ada sekitar 70 peserta, antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini. Peserta yang merupakan siswa SMP, siswa SMA/K, mahasiswa dan para pegiat literasi begitu semangat mengikuti semua rangkaian kegiatan yang diadakan selama 2 hari, sabtu (14/09/19) – Ahad (15/09/19).

Mengingat masih kurangnya pemahaman masyarakat akan literasi, diperlukannya suatu gerakan yang memberikan edukasi dan bimbingan akan pentingnya memahami literasi. Senada dengan kondisi tersebut, Rossy Nurhayati, S.Pd.I, ketua FTBM Kab. Ciamis, selaku panitia penyelenggara. Beliau menuturkan alasan, mengapa kembali mengadakan kemah literasi untuk kedua kalinya.

“Alasannya kami sederhana, kami ingin belajar bersama-sama. Saling memotivasi satu sama lain. Baik untuk pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) maupun mereka yang mencintai literasi”. Tuturnya.

Demi mewujudkan Kabupaten Ciamis yang Literat, panitia menghadirkan Hj. Kania Ernawati, S.Sos., M.Si., Bunda Literasi Ciamis (Ibu Bupati)., Drs. H. Andang Firman Triyadi, MT., PLT. Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis., Hj. Tini Nurmasari, S. Sos. M, M., PLT. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis., Nero Taopik Abdillah, Ketua FTBM Prov. Jawa Barat., Duddy RS, praktisi media, Ogi Fathuzaman, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya.

Panitia juga menghadirkan penulis yang sudah mendunia ‘Gol A Gong’. Beliau merupakan penulis sekaligus pembina FTBM Indonesia. Kehadiran beliau, memberikan arahan kepada seluruh peserta agar menjadi seorang yang berliterat. Tidak hanya dalam bidang membaca dan menulis. Tetapi, peserta harus mampu memahami literasi dalam bidang kebudayaan.

“Saya begitu terkesan dengan adanya kegiatan ini. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa, mahasiswa, maupun para pegiat literasi. Kita bisa belajar, berdiskusi dan memahami literasi lebih dalam. Saya juga bersyukur bisa bertemu dengan penulis yang sudah mendunia, saya bisa berjumpa dengan mas Gol A Gong.” ujar Sandi Tya, Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Universitas Galuh.

Irna, salah satu siswi SMPN 1 Cihaurbeuti, juga merasa sangat senang dalam mengikuti kegiatan ini. Dia berharap untuk tahun berikutnya peserta yang mengikuti Kemah Literasi bisa bertambah banyak.

“Untuk tahun depan, kami berharap pemangku kebijakan bisa ikut andil dalam kegiatan Kemah Literasi. Selain itu, seluruh lapisan masyarakat juga ikut terlibat untuk mendorong dan bekerja sama dalam menggelorakan minat dan budaya membaca. Kepada semua yang hadir dalam kegiatan ini, kita jadikan Kemah Literasi menjadi sebuah momen yang berharga. Dalam artian kita harus menjadi laskar–laskar literasi di Kabupaten Ciamis. Kita harus selalu terus bersinergi dan berkesinambungan dalam setiap aksi-aksi kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun keadaannya,” kata Rossy Nurhayati saat ditemui di TBM Bumi Nurani Camp (BNC), Ahad (15/09/19). (Fachru Juniarto)