Pembangunan Dermaga Pengumpan Regional Palabuhanratu Lamban

oleh -391 Dilihat
oleh

SUKABUMI – Pelabuhan pengumpan yang tengah dibangun di kawasan Pelabuhanratu sampai kini belum rampung. Bahkan terkesan mangkrak.

Padahal, perkembangan wisata didongkrak infrastruktur pendukung kawasan. Termasuk Geopark Ciletuh Sukabumi, bakal ditunjang dermaga pengumpan regional itu.

Ketua DPD GMBI Kabupaten Sukabumi, Fredi menyoroti proses pembangunan pelabuhan pengumpan itu. Menurutnya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran besar. “Sedikitnya 10 miliar telah digunakan. Tapi sudah lebih dari empat tahun belum kelar juga,” katanya.

Ketua GMBI Kabupaten Sukabumi, Feri (berkemeja putih) bersama jurnalis warga dalam jaringan Sukabumi.

Feri berharap pembangunan pelabuhan pengumpan itu harus segera diselesaikan. Demi mendukung akses wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi. “Tentu saja akan meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Sukabumi,” ujarnya saat ditemui di Sekretariat GMBI Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2019).

Untuk diketahui, fungsi pokok pelabuhan pengumpan melayani kegiatan angkutan laut dalam negri, alih muat angkutan laut dalam negri dalam jumlah terbatas. Artinya, merupakan pengumpan bagi pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan dalam provinsi.

Pembangunan dermaga pengumpan regional di Pelabuhanratu, menurut Feri, salah satu bentuk penunjang transportasi laut dalam mengembangkan pariwisata. (Deri)

No More Posts Available.

No more pages to load.