Pemerintah Desa Karangkamiri Gelar Bimtek Pemutakhiran Data IDM SDGS

oleh -99 views

 

Bertempat di ruang Aula Desa, Pemdes Karangkamiri melaksanakan Bimbingan Teknis persiapan Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) Desa.

Kegiatan ini berlangsung 2 hari mulai tanggal 8 sampai tanggal 9 Juni 2021. Dan dihadiri oleh sekitar 120 peserta yang terdiri dari Ketua RT, Relawan dan Aparat pemerintahan Desa.

Kasi Pemerintahan Muhammad Komara menjelaskan pelaksanaan bimtek ini sesuai dengan arahan dan kebijakan Kementrian Desa untuk pembangunan Desa.

“Desa mendukung penuh setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, apalagi jika program tersebut adalah program berkelanjutan seperti SDGS ini” jelasnya.

Dirinya menambahkan kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian.

“Ada 4 kuisioner yang harus diisi oleh warga. Oleh karena itu tanggal 8 kemarin kuisioner untuk RT dan Pemerintah. Hari ini tanggal 9 membahas kuisioner Rumah Tangga dan Individu” kata M. Komara.

Bimbingan Teknis ini di isi langsung oleh pemateri Admin SDGs dari Kecamatan, Idan Hamdani.

Pemateri yang juga merupakan Pendamping Lokal Desa ini memaparkan ihwal SDGs desa yang merupakan salah satu program untuk kemajuan masyarakat.

“Bapak Ibu, adanya pemutakhiran SDGs ini sangatlah penting, selain untuk pendataan juga untuk kemajuan Desa. Jadi jika data ini sudah terkumpul dengan baik, maka akan sangat membantu pemerintah dalam pembangunan yang akan terlihat dalam Indeks Desa Membangun (IDM)” kata Idan.

Sementara itu Agus Salim Kepala Desa Karangkamiri mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap program ini.

“Mari kita sukseskan pendataan ini dengan memberikan data yang sebenarnya kepada petugas di lapangan, agar kegiatan ini berjalan baik” ungkap Agus.

APA itu SDGs?

SDGs (Sustainable Development Goals disingkat SDGs) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Apa Tujuan dan Sasaran SDGs Desa ?

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

1. Desa tanpa kemiskinan

2. Desa tanpa kelaparan

3. Desa sehat dan sejahtera

4. Pendidikan desa berkualitas

5. Desa berkesetaraan gender

6. Desa layak air bersih dan sanitasi

7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan

8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa

9. Inovasi dan infrastruktur desa

10. Desa tanpa kesenjangan

11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan

12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan

13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa

14. Ekosistem laut desa

15. Ekosistem daratan desa

16.Desa damai dan berkeadilan

17. Kemitraan untuk pembangunan desa

18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa. (Jhon)

No More Posts Available.

No more pages to load.