CIAMIS – Selain berpuasa, menyantuni anak yatim adalah salah satu amalan sunah yang disarankan Rasul saat bulan pertama pada penanggalan Hijriah yakni saat bulan Muharram. Saran Rasul menyantuni anak yatim selain puasa Asyura (10 Muharam), jadi tradisi yang disebut lebaran anak yatim.

Mengingat pentingnnya hal tersebut, momentum ini tidak di sia-siakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Ciamis dengan mendatangi Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Al-Muhsinin yang berlokasi di Desa Panyingkiran Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis pada selasa, (10/10/2019).

H. Kurnia Kusumantri selaku sekertaris umum DKM Masjid Agung Ciamis mengatakan bahwa santunan ini merupakan bentuk kepedulian dari jamaah masjid yang di peruntukan untuk anak-anak yatim.

“Kami ketitipan dari jamaah masjid agung yang telah infaq & sedekah, dan program santunan ini sebagai salah satu program realisasinya, kebetulan di dkm ada program menerima zakat, infaq & sedekah (zis) dan menyalurkannya” ungkap Kurnia.

Sementara itu ketua DKM DR. H. Wawan S Arifien mengucapkan terima kasih kepada jamaah masjid yang telah mempercayai dkm untuk menitipkan zis nya, “Semoga Alloh Swt menggantinya dengan yang lebih-lebih dan menjadikannnya sebagai amal jariah yang pahalanya tidak putus-putus” ungkap H. Wawan.

Pengurus PSAA Al-Muhsinin Siti Rukoyah tidak henti-hentinya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dkm di panti asuhannya, “saya senang bisa melihat kegembiraan dari raut muka anak-anak panti kami, semoga apa yang diberikan dkm masjid agung bisa bermanfaat buat anak-anak” ujar Siti. (Maman Nurjaman)