Kalahkan Sekolah Bonafit, MTs N 15 Ciamis Juara 1 Olimpiade Matematika Se-Jabar Dan Cilacap

oleh -14 views

SOSBUD – Prestasi membanggakan, kembali diraih MTs Negeri 15 Cijeungjing Ciamis. Sebab hari minggu (02/02) kemarin mendapat juara 1 piala tetap Rektor Universitas Galuh, pada oliempiade Matematika Galuh 2020 tingkat junior Se-Jawa Barat dan Cilacap.

Adapun sekolah yang mengikuti even tersebut rata-rata sekolah bonavit, seperti SMP Al Muttaqin Tasikmalaya, MTs Al Fadliliyah Darussalam Ciamis, SMPN 1 Ciamis, SMPN 2 Ciamis, dan sekolah lainnya.

Drs. H. Saeful Uyun, M.Pd., I kepala sekolah berucap syukur atas prestasi gemilang ini, “Kami bangga dengan prestasi anak-anak kami, karena dalam 3 minggu ini, tiga kali kita ikut lomba, ketiga-tiganya menjadi juara di lembaga yang berbeda, ” Ucap Uyun ketika ditemui di sekolahnya usai upacara bendera, Senin (03/02).

“Salah satunya di pekan ini, kita juara 1 matematika se Jawa Barat dan Cilacap yang diraih oleh siswa bernama Firila Najma Wahidah, ” Kata Uyun

Dikatakan Uyun, bahwa kemenangan ini bukan suatu kebetulan, tapi hasil perjuangan dan kerja keras semua pihak, siswa, guru dan orang tua.

Uyun berpesan kepada anak didiknya, jangan cepat-cepat puas atas peraihan ini, tapi asah terus skill agar bisa meraih prestasi lain yang lebih baik, “Mudah-mudahan prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya, untuk terus bisa mengukir prestasi yang membanggakan, ” Tambah Uyun.

Firila Najma Wahidah pemenang olimpiade, mengaku awalnya tidak menyangka akan menjadi pemenang pertama.

“Tentunya di final saingan lebih berat dan soal lebih sulit, karena yang ikut final hanya siswa yang lolos setelah mengerjakan soal dari panitia. Banyak peserta yang gagal melaju ke babak final, di situ saya merasa bersyukur diberikan kesempatan untuk maju ke sesi final, dan menang jadi juara 1, ” Kata Firila

Peraihan prestasi itu, tidak lepas pula dari peran guru pembimbing, salahsatunya Rian Siti Mudriani, S.Pd. Ia mengatakan resep atas diraihnya prestasi ini, dirinya selalu memotivasi anak didik supaya mempersembahkan yang terbaik di setiap perlombaan.

“Kerjakan soal dengan tenang, fokus dan benar. Ke anak-anak, saya tidak menargetkan menang, karena soal menang itu adalah bonus,” kata Mudriani

Mudriani suka membimbing siswanya yang terhimpun dalam Kelas Bina Prestasi (KBP) satu minggu 2 kali pertemuan, bahkan kalau memasuki waktu lomba, lebih intensip lagi.

Selain Juara 1 olimpiade matematika, ada banyak lagi prestasi yang di raih MTs N 15 Ciamis lainnya di awal 2020 ini, diantaranya juara 2 matematika Se-Jabar di IAIN Syeh Nurjati Cirebon, Finalis Olimpiade Biologi tingkat nasional di UPI Bandung, Juara 1 Tenis Meja Putra, Juara 1 Story Telling, Juara 1 LCC Pramuka, Juara 1 pidato bahasa arab se-Priangan Timur, dan yang lainnya.*

Pewarta : Maman Nurjaman