Peringatan Hari Jadi Ciamis ke-382 Sukses Digelar

oleh -357 Dilihat
oleh
Upacara Peringatan Hari Jadi Ciamis ke-382 di Halaman Pendopo. Foto: Istimewa

PIKIRKANRAKAT.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar upacara peringatan Hari Jadi Ciamis yang ke-382, di Halaman Pendopo Bupati, Selasa (11/06/2024).

Upacara dipimpin langsung Penjabat Bupati Ciamis, Engkus Sutisna. Turut menghadiri upacara peringatan tersebut seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ciamis, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, tokoh masyarakat, serta para pelajar.

Engkus mengatakan, peringatan Hari Jadi Ciamis ini bukan hanya milik pemerintah, namun sejatinya milik seluruh masyarakat Ciamis.

“Peringatan ini harus kita maknai dan dapat dipahami, ikuti, dan nikmati oleh seluruh masyarakat Ciamis,” katanya.

Dia juga menekankan, peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis yang ke 382 ini, pemerintah harus lebih fokus pada pengendalian inflasi dan peningkatan pelayanan pada masyarakat.

“Tidak hanya kegiatan seremonial saja, tetapi kita harus berupaya pengendalian inflasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

“Salah satu program unggulan adalah ‘Saba Desa’ yang dilaksanakan di lima eks-kawedanaan,” imbuhnya.

Program ini mencakup operasi pasar murah dan gerakan pangan murah yang menyediakan bahan pangan dan sembako berkualitas dengan harga terjangkau.

Dirinya juga menekankan pentingnya meningkatkan semangat, kebersamaan, kerja keras, dan sinergitas dalam melayani masyarakat dan membangun Tatar Galuh yang dicintai.

“Selamat Hari Jadi ke-382 Kabupaten Ciamis tahun 2024, semoga Kabupaten Ciamis semakin maju, mandiri, dan sejahtera. Pakena Gawe Rahayu, Pakeun Heubeul Jaya Dibuana,” tukasnya.

Galuh Ethnic Carnival

Dalam rangka Hari Jadi Ciamis ke-382, Galuh Ethnic Carnival yang merupakan kegiatan kebudayaan dan kesenian terbesar di Kabupaten Ciamis, kembali digelar, Selasa (11/6/2024).

Puluhan kesenian helaran dan juga tarian tampil dalam kegiatan itu. Warga Tatar Galuh terutama yang berada diperkotaan nampak antusias menyambut arak-arakan kesenian dengan kostum yang beraneka ragam itu.

Mereka berkumpul di beberapa titik sepanjang rute menyambut para peserta karnaval. Warga juga telah memenuhi Pendopo Bupati Ciamis. Setiap kesenian menampilkan pertunjukan di hadapan para pejabat Pemkab Ciamis dan masyarakat.

Rute Galuh Ethnic Carnival, berangkat dari Kantor Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ciamis. Kemudian menyusuri jalan Iwa Kusumasomantri menuju Stadion Galuh Ciamis. Kemudian arak-arakan menuju Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Tentara Pelajar.

Arak-arakan kemudian masuk ke Jalan Ir H Juanda lalu ke Jalan Kaum untuk menuju Pendopo Bupati Ciamis.

Adapun jumlah peserta karnaval yang berasal dari setiap kecamatan di Ciamis ada 18 jenis. Ditambah dari tamu undangan 4 daerah, yakni Banjar, Garut, Kuningan dan Cirebon.

Sementara itu, kesenian yang ditampilkan di antaranya Gema Galuh Marching Band, Mabokuy Rajadesa, Fashion Carnival PPSC Cihaurbeuti, Cosplay Garuda Selasari Kawali, Tari Rampak Anak Studi Titik Dua.

Kemudian Kuda Bajir Panjalu, Dogyung Apunpager Gunung Cisaga, Singa Lugay Sukadana, Sanggar DNR Dogig Kajene Kuningan, Congcorang Sembah Baregbeg, Raja Dogar Garut, Wayang Geugeus Banjar, Bebegig Sukamantri dan kesenian lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.