EKBIS – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bicara soal perangnya dengan Huawei. Pada sesi temu media beberapa waktu lalu itu, Trump juga meminta perusahaan telekomunikasi Amerika untuk mempercepat pembangunan jaringan komunikasi 5G.

Ia juga berharap, Amerika mengambil jalur persaingan yang sehat daripada harus melakukan sejumlah pemblokiran terhadap masuknya teknologi luar negeri.

Ketua rotasi Huawei, Hu Houkun, meneruskan tweet Trump bahwa Huawei siap membantu AS membangun jaringan 5G melalui sistem kompetisi yang ketat dan sehat.

“Mr. Presiden, saya sepenuhnya setuju dengan Anda. Perusahaan kami siap membantu membangun jaringan 5G sejati di Amerika Serikat melalui kompetisi,” kata Houkun via Twitter.

Diketahui sebelumnya, Amerika Serikat melarang penggunaan infrastruktur dan perangkat 5G produksi Huawei yang jelas lebih maju, murah dan canggih dengan alasan keamanan. Amerika juga meminta sekutunya untuk melakukan hal yang sama.

Namun, belakangan presiden AS tidak mau melanjutkan tren perang itu. Ia, atas nama Amerika, menyatakan siap bersaing, seperti yang dilansir Akurat