Galuh Ethnic Carnival Kabupaten Ciamis Siap Digelar

oleh -787 Dilihat
oleh
Galuh Ethnic Carnival (GEC) 2024 dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Ciamis. Foto: Visit Ciamis

CIAMIS, PR – Persiapan gelaran Galuh Ethnic Carnival (GEC) 2024 dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 382 sudah matang.

Rencananya bakal ada 22 seni helaran meramaikan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-382. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada 11 Juni 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis, Dadang Darmawan menyampaikan kegiatan GEC tahun ini harus mendapatkan rapor bagus. Mengingat kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis.

“GEC ini merupakan salah satu tanggung jawab untuk menyukseskan Hari Jadi Kabupaten Ciamis. Sebab, bagus atau jeleknya Disbudpora kegiatan tersorot adalah Hari Jadi Kabupaten Ciamis sehingga harus sukses dan bekesan, oleh karena harus mengurangi kesalahan kecil,” kata Dadang.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Ciamis Muharam A Zajuli menuturkan, persiapan Galuh Ethnic Carnival (GEC) sudah matang.

“Persiapan kini sudah mencapai 90 persen. Karena seni helaran ini masuk rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis, Ini merupakan kado ulang tahun. Sehingga harus sukses, maka persiapan matang dan fokus serta saling kerja sama,” kata Muharam, Jumat (7/6/2024).

Dalam GEC tahun ini akan terasa lebih spesial dengan menampilkan lebih banyak kelompok seni helaran. Disbudpora Kabupaten Ciamis telah menyiapkan 22 seni helaran antara lain Gema Galuh Marching Band, Mabokuy Rajadesa

Ada pula Fashion Carnival PPSC Cihaurbeuti, Dogyung Apunpager Gunung Cisaga, Cosplay Garuda Selasari Kawali, Tari Rampak Anak Studio Titik Dua Ciamis, Kuda Bajir Panjalu, Singa Lugay Sukadana, Sanggar DNR Dogig Kajene Kabupaten Kuningan, Congcorang Sembah Baregbeg, dan Raja Dogar Garut, Bebegig Sukamantri.

Dia menuturkan GEC tahun ini diikuti pula dari luar Ciamis. “Dalam GEC ini pun ada daerah lain ikut berpartisipasi, seperti Cirebon, Banjar, dan Garut,” tuturnya.

Lalu ada Pontrangan Cimaragas, Waliwi Cisaga, Buta Kararas Panjalu, Barongan Purwadadi, Buta Bele Citeureup Kawali, Mengmleng Winduraja, Wayang Landung Panjalu, Munding Kibowang Kawali, Wayang Geugeus Kota Banjar, Marching Band Gita Satya Bahari dan Liong Akademi Maritim Suaka Bahari Cirebon.

Sementara itu, rute seni helaran rencananya berangkat dari Disbudpora Kabupaten Ciamis lalu ke stadion Galuh Ciamis, Jalan Cipto Mangunkusumo, perempatan supermarket Yogya, SMPN 4 Ciamis, dan berakhir ke Pendopo Kabupaten Ciamis.

No More Posts Available.

No more pages to load.