Gebyar Darsul Masaa’; Ihtiar Pesantren At-Tajdid Wadahi Potensi dan Kreasi Santri

oleh -96 views

SINGAPARNA–Lapangan olahraga Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tajdid ramai oleh santri. Rabu (19/12/2019), semua santri tumpah ke sana, baik butra maupun putri. Pesantren At-Tajdid sendiri berlokasi di kompleks pendidikan Muhammadiyah Singaparna, Cikedokan.

Pada kesempatan itulah pondok pesantren menggelar Gebyar Darsul Masaa’. Berdasarkan informasi dari panitia, kegiatan tersebut akan berlangsung selama sehari penuh, dari pagi hingga sore.

Menurut Acep Subhan Abdillah, yang bertindak sebagai ketua panitia pelaksana, kalimat “darsul masaa” dalam bahasa Arab sepadan dengan “pelajaran di siang hari”. Beragan kesenian dilombakan.

Cabang perlombaan yang dimaksud antara lain kesenian drama dalam bahasa Arab dan Inggris, seni musik tradisional dan religi, seni senam, serta prakarya (bidang masak-memasak).

Karena itu, di samping panggung utama tempat pementarasan drama, panitia juga menyediakan sekitar enam stand. Di sanalah para santri mengerjakan prakarya, untuk kemudian dinilai para juri.

“Tujuan acara ini adalah untuk mewadahi potensi dan kreasi santri At-Tajdid dalam ajang unjuk prestasi. Karena itu semua santri terlibat, dari kelas satu (kelas vii) sampai kelas enam (kelas xii),” ujar Acep.

Perlombaan pentas seni ini menggunakan sistim angkatan. Dalam kata lain tidak ada percampuran peserta lomba dari berbagai tingkatan kelas. Satu kelompok peserta lomba berasal dari anggota kelasnya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Pimpinan Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya, Ali Ahmad Fauzi

No More Posts Available.

No more pages to load.