BEKASI – Jemaah calon haji asal Bekasi, mulai diberangkatkan, Senin (8/7/2019), sekira pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, rombongan berkumpul di Asrama Haji, Jl. Kemakmuran, Kecamatan Bekasi Selatan.

Menurut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Sri Siagawati mengatakan jumlah calon haji asal Kota Bekasi tahun ini sejumlah 2.731 orang.

“Kloter 4 sudah datang kemarin dan sudah berangkat ke bandara untuk menuju Tanah Suci. Pemberangkatan Jemaah Calon Haji asal Kota Bekasi ada 10 kloter, yakni kloter 4, 21, 27, 46, 50, 81, 91, 95, dan 97,” katanya.

Kloter 4, 21, 27 gelombang pertama, yang lain gelombang kedua dan kloter 97 itu kloter terakhir biasanya akan terdiri dari kloter gabungan dari daerah lain. Para jemaah asal Kota Bekasi datang perorangan dan tidak rombongan menggunanakan bus seperti daerah lain.

Ada pun kegiatan selama di asrama haji hanya melalukan serangkaian pengecekan saja, mulai kesehatan maupun indentitas, ujarnya.

“Kalau persiapan lain dari jauh hari kami sudah lakukan serangkaian manasik haji maupun pertemuan untuk memberikan penjelasan terkait teknis pelaksanaan haji nanti. Begitu juga serangkaian tes kesehatan,” ujarnya.

Jurnalis warga dalam jaringan melaporkan, sebelumnya empat kloter jemaah calon haji asal Jawa Barat tiba di Asama Haji Embarkasi Bekasi. Mereka yang tiba yakni kloter 1 asal Kabupaten Bogor, Kloter 2 asal Kabupaten Cianjur, Kloter 3 asal Kabupaten Bandung dan Kloter 4 asal Kota Bekasi.

Keempat kloter ini sudah diberangkatkan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu dan Senin sejak pukul 03.00 WIB. (SG)