Keputusan Bersejarah Menyelamatkan Reformasi dan Demokratisasi di Indonesia

oleh -6 views

JAKARTA – Ketua Umum Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 dan Gerakan Indonesia Satu, Anto Kusumayuda, menyambut baik hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Seluruh mata rakyat Indonesia dan belahan dunia tertuju mencermati dan menunggu keputusan yang akan dibacakan oleh Mahkamah Kontitusi (MK) terkait sengketa gugatan Pilpres 2019,” katanya.

Proses penyelesaiann sengketa Pilpres di MK, kata Anto, merupakan wujud sikap berdemokrasi dan kenegarawanan. Ketika terjadi persengkataan diselesaikan melalui jalur MK, sesuai konstitusi negara untuk mengakhiri konflik dan sengketa yang terjadi terkait Pilpres.

“Keputusan MK yang telay dibacakan merupakan peristiwa bersejarah dan monumental dalam perjalanan demokrasi Indonesia serta merupakan ujian kedewasaan dan kematangan berdemokrasi serta sikap kenegarawanan bagi para elite politik, politisi lebih khusus kedua pasang calon presiden dan para pemimpin partai koalisi pengusung pasangan calon untuk menerima apapun keputusan MK,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Gerakan Indonesia Satu, Abdul Salam Nur Ahmad, memandang, keputusan MK merupakan pintu gerbang emas untuk melanjutkan amanah perjuangan reformasi dalam membangun proses demokratisasi, reformasi, supremasi sipil, supremasi hukum untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN dan demokratis.

“Para Hakim MK dalam memutuskan keputusan akhir MK terkait Pilpres, keputusan yang terbaik yang akan menyelamatkan semua agenda perjuangan dan cita cita reformasi yang digelorakan oleh spirit perlawanan pergerakan 98,” ujarnya.

Sejak awal menyimak jalannya persidangan MK, dari fakta hukum, para saksi yang memberikan kesaksian di depan para hakim, sudah tergambarkan keputusan akhir yang akan dibacakan MK.

“Keputusan akhir MK, telah memutuskan, menolak gugatan Pasangan Calon 02 – Prabowo Sandi dan menetapkan Pasangan Calon Jokowi – KH Ma’ruf Amin sebagai Pemenang Pilpres 2019,” katanya menandaskan.

Keputusan emas, monumental, dan berkeadilan, kata aktivis jaringan nasional prodem 98 itu menjadi tonggak penting dalam melanjutkan cita-cita perjuangan agenda perjuangan reformasi.

“Selamat untuk H. Ir. Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin, selamat untuk rakyat Indonesia. Kemenangan Jokowi-Amin adalah kemenangan rakyat dan kemenangan kekuatan reformasi,” ujarnya.