Oleh FAHD PAHDEFIE

Pembukaan Asian Games ke-18 semalam memukau publik. Pujian dan decak kagum terus mengalir, bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari publik internasional.

Tentulah kita harus berbangga. Jangan bohongi diri bahwa ‘opening ceremony’ kemarin itu tidak luar biasa dan nggak bikin kita bangga—sampai merinding melihatnya. Mulai dari pesta kembang api, tari Ratoh Jaroe yang memukau, hingga ‘epic entrance’ Presiden Jokowi yang videonya bikin kita senyum-senyum kagum.

Tentu saja yang melompati mobil dengan motor gede itu bukan Jokowi! Tentu saja yang zig zag di tengah kemacetan sekaligus yang melakukan ‘sudden break’ sampai motornya nungging itu bukan beliau. Stuntmant yang memaikannya, pemeran pengganti. Kecuali bagian Jokowi membuka helm dan bertanya dengan earth voice-nya, “Apa?”, Pada bocah tambun yang berkata “Waw” sambil melongo.

Jangan sampai kebencianmu kepada sesuatu atau seseorang membuatmu berbuat tidak adil. Tidak adil seperti enggan mengakui bahwa kerja panitia penyelenggara Asian Games di ajang pembukaannya ini luar biasa. Soal pemeran pengganti? Ayolah! Bahkan Jackie Chan dan Tom Cruise saja tak memainkan adegan berbahaya mereka seorang diri. Kita juga tahu itu.

Sekarang, mari beri apresiasi setinggi-tingginya pada siaapapun yang ada di belakang layar acara spektakuler semalam. Kita beri semangat. Kita ucapkan terima kasih. Karena telah membuat kita semua bangga dan Indonesia mendapat pujian dunia.

Soal pemeran pengganti Presiden, tentu saja Jokowi pakai stuntman! Beliau ini Presiden, kepala negara, bukan pemain tong setan! Semua sah saja, selama ia tak memakai pemeran penggati untuk tugas-tugasnya di istana, tentu saja.

Tabik!