SUBANG – Proses pembangunan Pelabuhan Patimban digenjot. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya menargetkan tahun 2020, pelabuhan berkelas internasional itu harus sudah beroperasi. Demikian jurnalis warga dalam jaringan melaporkan dari Patimban, Kabupaten Subang, Senin (24/6/2019).

Kunjungan Menteri Perhubungan, sejaligus menerima paparan perkembangan proyek pembangunan, penyerahan sertifikat dan buku pelaut disaksika Bupati Subang, H. Ruhimat, Ka. KSOP Kelas II Patimban, Kadishub Jabar, Kadishub Subang, Danlanal Cirebon.

Tahap pembangunan yang meliputi , pembebasan lahan, pemancangan paku bumi, pembuatan jalan jalan utama menuju pelabuhan dan lainnya, dilaporkan berjalan sesuai jadwal.

Walaupan pada sisi lain terkait pembebasan lahan khusus untuk back up area sebagian masyarakat belum menerima harga pembebasan yang diberikan oleh pemerintah yaitu sebesar Rp 300.000 per meter.

Harga ganti untung yang diinginkan oleh sebagian kecil masyarkat sebesar Rp 600.000 per meter. Namun berdasarkan pemantauan di lapangan, ada indikasi terprovokasi oleh oknum LSM.

Upaya yang telah dilakukan, di antaranya pendekatan persuasif melalui rapat koordinasi dengan penekanan diberikan waktu selama 14 hari setelah rapat kordinasi bila tetap tidak menerima maka demi kepentingan umum negara akan ambil alih dan dipersilahkan untuk ditempuh melalui jalur hukum. (SG)