Geopark Ciletuh dan Pelabuhan Ratu menjadi daya tarik wisata alam paling berpengaruh di Sukabumi. Para wisatawan berdatangan dari segala penjuru.

Namun tidak sedikit pula yang enggan. Lantaran, di beberapa titik kerapkali menjamur praktik pungutan liar. Termasuk jajanan pun mendadak mahal.

Anggapan itu sulit ditepis. Padahal, tahun ini kondisinya sudah berbeda. Di antaranya, seluruh wisatawan tidak dikenakan tarif masuk tol untuk memasuki wilayah Palabuhan Ratu.

Termasuk soal kuliner. Anggapan jajanan mahal, ternyata terbantahkan. Menurut pemantauan jurnalis warga dalam jaringan di Sukabumi, Dede Heri, ada solusi yang bisa ditawarkan.

Warung Pecel Lele Sriwedari 2 yang terletak di jalan Cisolok Palabuhanratu, tepat nya di Kp. Bojong Haur Desa Cikakak, memberikan harga standar seperti biasanya, baik untuk masyarakat lokal ataupun wisatawan.

“Warung Lele Sriwidari 2 memiliki aroma dan rasa yang maknyoss membuat ketagihan pengunjung yang menikmati pecel lelenya,” seperti yang dilaporkan Dede.

Pemilik warung, Redi mengamini. Menurutnya, harga berlaku standar. “Tidak ada harga khusus untuk wisatawan,” katanya. Agar para wisatawan termotivasi untuk datang berkunjung ke Pelabuhan Ratu,.

Redi berharap pola pikir masyarakat wisata di Palabuhanratu saatnya digelorakan. Tak cuma sesaat hari ini saja. Tetapi harus memandang ke depan.

“Supaya wisatawan tidak kapok dan ingin kembali berlibur ke kota sejuta cerita,” ujarnya. (Her)