PANGANDARAN – Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Drs. H. Nana Ruhena, mengatakan, semula keterangan resmi gempa berkekuatan 5,7 dimutakhirkan menjadi 5,5 SR, Minggu (9/6/2019).

“Pusat gempa terletak pada koordinat 8,68 LS dan 108,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 107 km arah selatan Kota Cilacap, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 64 km. Tidak berpotensi Tsunami,” katanya kepada jurnalis warga dalam jaringan di Pangandaran.

BPBD Kabupaten Pangandaran, menurutnya, langsung melakukan koordinasi dengan Relawan Penanggulangan Bencana, penggiat wisata, TNI, POLRI dan masyarakat.

“Berdasarkan hal tersebut kami sampaikan bahwa kondisi wilayah Kabupaten Pangandaran pada umumnya kondisi kegiatan sosial, ekonomi,dll berjalan lancar, seluruh obyek wisata tidak ada masalah,” katanya.

Nana mengimbau kepada warga masyarakat dan wisatawan supaya tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasa dan tidak usah khawatir.

“Bagi yang sudah mempunyai jadwal tujuan wisata ke Pangandaran, jangan sampai menunda apalagi sampai membatalkan rencana wisata,” katanya menandaskan.